Akhirnya, Kuterima karmaku (Cerpen Buddhis)

 
 
Akhirnya, Kuterima karmaku
Oleh : Bodhiratna

Waktu menunjukkan pukul 11 siang, aku keluar dari vihara. Hari ini adalah hari minggu. Cuaca hari ini sungguh cerah. Wah, aku pikir, betapa asiknya jalan-jalan ke BIP. Aku sudah sampai di gerbang depan Vihara Vimala Dharma. Kemudian aku mengingat apa yang baru aku dengar dari ceramah salah satu bhante, saya tak tahu namaNya. Yang pasti kepalanya gundul, trus pake jubah kuning, trus cara jalannya pelan-pelan, trus wajahnya memancarkan sinar matahari, eh memantulkan. Tadi sih katanya bagaimana seorang buddhis itu seharusnya perhatiannya selalu terfokus, tidak bercabang-cabang, kalo ngga salah ingat ada istilah “metadisi” di ceramahnya (kalo gue ngga salah dengar tadi). Dia menceritakan bagaimana seseorang itu harus selalu konsen sama pekerjaannya. Trus ngga tau lagi deh dia ngomongin apa, soalnya gue engga konsen sama ceramahnya sih. Tapi setidaknya kan ada sedikit yang gue tangkap, ya itu tu, “metadisi”.

Gue pikir sih gue masih mending deh dibandingin ama ada satu cewe, (lumayan cakep sih, pake baju biru, rambutnya sebahu, orangnya putih sih, pake whitening body lotion kali ya, eh, mungkin emang dari sononya sih kali, dasar orang chinese), masa gue perhatiin dari tadi cuma ngutak atik kukunya, walaupun wajahnya menatap orang yang disebut bhante itu, tapikan tetap aja, tangannya mainin kukunya. Kalo menurut gue sih dia itu engga bakalan konsen deh sama apa yang dibilang bhante. Gue aja yang berusaha konsen kaga bisa. Ya udah deh, gue mo nerapin dulu deh apa yang diajarin sama bhante tadi, “metadisi”, gue bakalan konsen sama langkah kaki gue dari gerbang vihara ini sampe BIP, dekat aja kan? Pasti gue bisa kok. Gampang aja lah. Cuma merhatiin langkah kaki kok.

Kemudian gue mulai jalan, satu, dua, tiga, empat, lima, eh, gue tadi pertama melangkahkan kaki keluar gerbang kaki kiri atau kaki kanan ya? Coba gue ulang deh, trus gue mundur. Oo, rupanya kaki kiri, (menghafal : kiri, kiri !!!). Mulai : kiri, kanan, kiri, kanan, kiiiiii …….., aduhh, hampir deh, gue nginjak kotoran hewan. Hewan mana sih engga tau diri sembarangan buang kotoran di jalan. Kalo ketemu gue tabokin deh kepalanya, sueeerrrrrr. Eh, tadi yang mo nginjak kotoran itu kiri atau kanan ya ? Coba gue mundur lagi, …….. Oo, rupanya kaki kiri (inget-inget, kiri kiri !!!). Gue mulai jalan lagi ah, … Ups sialan nih, kok ada kotoran lagi, sama lagi bentuknya, warnanya juga, eh, ssttt, baunya juga sama lho ! Oh iya, ini kan yang tadi, ah sialan nih, masa gue kena dua kali. Tapi gue ingat kok, kaki kiri yang mo nginjak, eh, kalo yang pertama keluar dari gerbang apa ya ?? Mengingat-ingat, … Ups gue tau deh, pasti kanan. Ya udah deh, gue lanjutin. Sambil liat ke kiri dan kanan : Gue dimana ya sekarang ?? Liat ke kanan agak belakang, oh rupanya baru di gerbang vihara yang sebelah kanan. Masa sih ngga maju-maju dari tadi. Sialan, padahal gue kirain udah jauh.

Memicingkan mata : itu dia BIP, keliatan kok dari sini. Artinya dekat dari sini. Mulai lagi ah…… Kiri, kanan, kiri, …. Bruk, bletak, bletak. Maaf, maaf. Kata seorang gadis sambil memungut buku-bukunya yang jatuh. “Enak aja lu, kalo jalan liat-liat dong, jangan asal nabrak aja!!”, kata gue. Eh, lumayan juga nih cewe, pikir gue. Trus gue bantuin dia mungutin bukunya, trus gue bilang ya udah deh, gue maapin, trus gue ulurkan tangan gue, Luis, kata gue. Trus dia juga ngulurin tangannya, Novi. Katanya. Salam kenal, kata gue.
Luis, “Mau ke mana nih ?”.
Novi : “Ke Elvira”.
Luis : “Ngapain…?”.
Novi : “Mau nyari buku.”
Luis : “Oh, kebetulan gue juga mau ke sana, bareng yuk.”
Novi : “Lho, kok tadi jalan ke arah sana ?”
Luis : ‘Ah, eh,.. gue baru ingat kalo mau beli buku. Ya udah lah, yuk jalan. Ngomong-ngomong mau cari buku apa nih ?”
ovi : “Buku sipil.”
Novi : “Di Unpar.”
Luis : “Oh, angkatan berapa ?”
Novi : “’98.”
Luis : “Oh, orang bandung ?”
Novi : “Bukan, dari medan.”
Luis : “Oh, sama dong. SMA di St Thomas ya ?”
Novi : “Engga dari Sutomo kok.”
Novi : “Ngomong-ngomong Luis mau nyari buku apa di elvira ?”
Luis : “Eh, aaa, eee, itu, mau nyari majalah, kok.”
Novi : “Suka baca majalah apa ?”
Luis : “Aaaa, eh, eeee, mau beli BoBo.”
Novi : “Lho itu kan engga ada di elvira.”
Luis : “Ehh, oh, iya saya tau kok, tapi siapa tau sekarang ada. Mungkin aja kan ?”
Novi : “Iya sih. Eh, kamu mau ke mana sih, itu elvira di seberang.”
Luis : “Iya, gue sudah lupa sih, abis ke elvira udah lama, dulu.” Novi : “Ya udah yuk nyebrang.

Di dalam toko …….
Luis: “Wah, banyak ya buku di sini.”
Novi: “Bisa bantuin ngga nyari buku Construction Planning Equipment and Method ?”
Luis: “Bisa, serahkan aja, sama gua.”……
Novi: “Udah ketemu belon ?”
Luis: “Belum.”……
Novi: “Udah belum ?
Luis: “Belum..”
Novi: “Eh, lu jangan dudukin buku itu dong, gue mau nyari di sini.”
Luis (Berdiri) : “Oh iya, sorry, gue kecapekan nyari tuh buku.”
Novi : “Nah ini dia bukunya, (di tempat Luis duduk tadi).
Luis : “Ah, sialan, gue nyari kemana-mana gak taunya ada di pantat gue.”
Novi : “Ya udah, saya udah mau pulang nih, gimana BoBo lu ketemu ngga ?”
Luis : “BoBo apa ?”
Novi : “Katanya tadi mau beli BoBo.”
Luis : “Iya gitu, masa sih, gue engga ingat kok….. Ahhhh, lu pasti becanda, mo ngejek gue ya, masa di toko elvira jual BoBo, siapa yang bego mau beli BoBo di sini. Hahahahaha, pintar juga lu becanda.”
Novi : “Ya udah lah, gue udah mau pulang.”
Luis : “Eh, rumah mu di mana, siapa tau arahnya sama, jadi bareng aja.”
Novi : “Di Ciumbuleuit.”
Luis : “Oh, saya di Babakan Jeruk. Ya udah deh, dadahhh. Eh, nomor telpon lu ada engga. Kalo mau pergi maen ke tempat lu bolehkan ?”
Novi : “2041872”.
Luis : “OK deh, see you.”
Mereka berdua akhirnya berpisah di depan toko buku elvira. Hehehe asikkk, gue kenalan ama cewe cakep. Yessss!!! Trus Luis berjalan ke arah vihara lagi. Eh, tadi gue lagi ngapain ya sebelum ketemu si Novi. Hmmmm, (tiba-tiba perut Luis bunyi) oh ya, gue pasti mau makan, wahhh, tiba-tiba perut gue lapar banget nih. Ke BIP ah, mau makan dulu. makan apa ya ?? Pengen Texas ah, wah, lezat nih ngebayangin paha ayam. Hmmm. Ceprett, ….Aduhhhhhh!!!! Siapa sih yang buang kotoran sembarangan !!!! Hey !!! Siapa yang berak di siniiiiii !!!!!!!!!!!!

. (Dikutip dari Berita Vimala Dharma)

Posted on 11 Oktober 2010, in cerpen Buddhis. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: